Pada Umumnya dingin ideal ac mobil itu seharusnya antara 5-8 Derajat Celcius jika di ukur dengan termometer di kisi-kisi.
Jika ac mobil terasa kurang dingin / tidak dingin maka ada sesuatu masalah.
faktor dibawah ini yang harus di perhatikan :
1. Freon kurang/habis
Freon kurang terjadi karena kebocoran di salah 1 system ac, karena freon itu cara kerjanya hanya bersirkulasi,
jika tdk ada kebocoran maka freon itu tidak akan pernah bisa kurang / habis.
2. Kondensor dan Radiator kotor
Permukaan kondensor atau radiator yang kotor akan membuat pembuangan panas dari freon gas bertekanan tinggi pada kondensor terjadi tidak sempurna sehingga proses kondensasi juga tidak maksimal.
3. Motor Fan Lemah, Mati atau meleleh.
Jika motor cooling fan terganggu, putaran lemah atau mati mengakibatkan pembuangan panas di kondensor tidak berjalan dengan baik.
4. magnetic clutch Mati / Terbakar.
Spul magnetic clutch jika mati,putus atau terbakar menyebabkan armature asembly tidak terhubung dengan puli kompressor ac yang berputar dengan mesin.
5. Tekanan Freon Over heat.
Tekanan pada system ac berlebihan akan menyebabkan Condensor jadi over heat sehingga membuat Kompresor jadi kepanasan secara otomatis kinerja ac akan menurun.
6. Kelebihan oli kompressor
System Ac memiliki volume yang tetap,jika kelebihan oli kompressor maka ruang untuk freon akan berkurang artinya jika sebuah mobil dgn kondisi oli kepenuhan lalu kita isi freon dengan full akan membuat sistem ac menjadi over heat.
7. Kompressor Aus / Jebol
Kompressor AC aus biasanya di tandai dengan tekanan tidak normal, jika kompressor Ac aus maka sigh glass terlihat hitam, Dryer atau expansi valve akan tersumbat yang masing-masing dengan indikasi tekanan yang berbeda.
8. Thermistor / Termostart Bermasalah.
Thermistor cooler merupakan peraba suhu di dalam rumah evaporator yang berfungsi untuk membaca perubahan temperatur kemudian di teruskan ke amplifier untuk mengatur waktu cut off dari kompressor.
9. Evaporator Kotor
Kotor di evaporator lebih banyak disebabkan oleh debu yang di hisap oleh blower dan menempel pada permukaan evaporator yang mengakibatkan aliran udara tersumbat.
10. Saluran Air Box Evap Tersumbat
Dengan tersumbatnya saluran buang air kondensasi, Box evap akan penuh dengan air,berembun dan air akan menetes di bawah dashboard membasahi karpet mobil.
Dengan air kondensasi memenuhi rumah evap mengakibatkan aliran udara dari blower terhambat.
Jika salah satu poin diatas terjadi pada system AC mobil, akibatnya akan membuat ac mobil tidak dingin atau ac mobil kurang dingin.
sumber berita
Jika ac mobil terasa kurang dingin / tidak dingin maka ada sesuatu masalah.
faktor dibawah ini yang harus di perhatikan :
1. Freon kurang/habis
Freon kurang terjadi karena kebocoran di salah 1 system ac, karena freon itu cara kerjanya hanya bersirkulasi,
jika tdk ada kebocoran maka freon itu tidak akan pernah bisa kurang / habis.
2. Kondensor dan Radiator kotor
Permukaan kondensor atau radiator yang kotor akan membuat pembuangan panas dari freon gas bertekanan tinggi pada kondensor terjadi tidak sempurna sehingga proses kondensasi juga tidak maksimal.
3. Motor Fan Lemah, Mati atau meleleh.
Jika motor cooling fan terganggu, putaran lemah atau mati mengakibatkan pembuangan panas di kondensor tidak berjalan dengan baik.
4. magnetic clutch Mati / Terbakar.
Spul magnetic clutch jika mati,putus atau terbakar menyebabkan armature asembly tidak terhubung dengan puli kompressor ac yang berputar dengan mesin.
5. Tekanan Freon Over heat.
Tekanan pada system ac berlebihan akan menyebabkan Condensor jadi over heat sehingga membuat Kompresor jadi kepanasan secara otomatis kinerja ac akan menurun.
6. Kelebihan oli kompressor
System Ac memiliki volume yang tetap,jika kelebihan oli kompressor maka ruang untuk freon akan berkurang artinya jika sebuah mobil dgn kondisi oli kepenuhan lalu kita isi freon dengan full akan membuat sistem ac menjadi over heat.
7. Kompressor Aus / Jebol
Kompressor AC aus biasanya di tandai dengan tekanan tidak normal, jika kompressor Ac aus maka sigh glass terlihat hitam, Dryer atau expansi valve akan tersumbat yang masing-masing dengan indikasi tekanan yang berbeda.
8. Thermistor / Termostart Bermasalah.
Thermistor cooler merupakan peraba suhu di dalam rumah evaporator yang berfungsi untuk membaca perubahan temperatur kemudian di teruskan ke amplifier untuk mengatur waktu cut off dari kompressor.
9. Evaporator Kotor
Kotor di evaporator lebih banyak disebabkan oleh debu yang di hisap oleh blower dan menempel pada permukaan evaporator yang mengakibatkan aliran udara tersumbat.
10. Saluran Air Box Evap Tersumbat
Dengan tersumbatnya saluran buang air kondensasi, Box evap akan penuh dengan air,berembun dan air akan menetes di bawah dashboard membasahi karpet mobil.
Dengan air kondensasi memenuhi rumah evap mengakibatkan aliran udara dari blower terhambat.
Jika salah satu poin diatas terjadi pada system AC mobil, akibatnya akan membuat ac mobil tidak dingin atau ac mobil kurang dingin.
sumber berita
0 comments:
Post a Comment